Perbedaan Nintendo Switch dan Nintendo Switch Lite

Switch versi Lite mulai dijual pada September 2019. Namun apakah anda tahu apa saja perbedaannya? Di sini kami merangkum perbedaan Nintendo Switch vs Lite.

Perbedaan Nintendo Switch dan Nintendo Switch Lite

Harga Nintendo Switch vs Nintendo Switch Lite

Nintendo Switch Lite menyasar konsumen yang ingin beli nintendo switch namun terbatas dari segi budget. Konsol game portabel ramah saku ini dijual seharga $ 199. Lebih murah dari Nintendo Switch yang dibanderol $299 atau sekitar Rp. 4 juta. Karena lebih murah tentunya ada beberapa fitur yang disunat dari versi aslinya.


Ukuran dan Berat

Ukuran pada versi lite dan bukan adalah pada ukuran. Ukuran Switch Lite lebih kecil dari Switch versi standar. Nintendo Switch berukuran lebar 9,4 inci, tinggi 4 inci, dan tebal 0,55 inci.

Sedangkan, Switch Lite punya lebar 8.2 inci, tinggi 3.6 inci, dan tebal 0.55 inci. Ukuran lebih kecil juga membuatnya lebih ringan. Versi lite punya berat hanya 270 g, lebih ringan dibanding versi orisinil yang seberat 400 g.


Ukuran Layar

Nintendo Switch versi standar dibekali layar seluas 6.2 inci. Sementara itu, Switch Lite punya ukuran layar lebih kecil yaitu 5.5 inci. Kedua konsol game portabel ini sama-sama punya resolusi layar HD 1280 x 720 piksel. Kedua perangkat ini juga sama-sama menggunakan panel layar sentuh LCD. Kalau dilihat sekilas, memang ukuran layar Switch Lite lebih mirip seperti layar smartphone pada umumnya.


Controller dan Aksesoris

Perbedaan Nintendo Switch vs Lite yang paling signifikan adalah controller dan aksesoris-aksesoris pendukungnya. Berbeda dari versi orisinilnya, Nintendo Switch Lite tidak punya kontroler Joy Con. Kontroler game langsung di-attach di perangkat dan tidak bisa dilepas pasang.

Karena tidak punya Joy Con, otomatis Switch Lite tidak support HD Rumble dan IR Motion Camera. Tidak hanya itu, dalam paket pembelian kamu juga tidak akan mendapat Nintendo Switch Dock. Dengan begini, kamu tidak bisa hubungkan Switch Lite ke TV melalui dock atau HDMI.


Mode Pemakaian

Karena tidak punya Joy Con, otomatis mode pemakaian yang bisa digunakan di Switch Lite lebih terbatas. Perangkat ini hanya bisa dipakai dalam mode handheld saja. Tidak seperti versi orisinil Nintendo Switch yang bisa dipakai dalam 3 mode, yaitu Handheld, Tabletop, dan TV Mode.


Kapasitas Baterai dan Daya Tahan

Switch Lite dibekali baterai berkapasitas 3570 mAh. Kapasitas baterainya lebih kecil dibanding Switch standar yang sebesar 4310 mAh. Meskipun baterainya lebih kecil, hal ini yang menjadi kelebihan Nintendo Switch Lite yakni konsumsi daya Switch Lite lebih efisien karena ukuran layar lebih kecil dan tidak mendukung Joy Con yang membutuhkan koneksi wireless. Saat dijajal main game The Legend of Zelda: Breath of the Wild, Switch Lite bisa bertahan hingga 4 jam, sementara Switch standar hanya 3 jam saja.


Pilihan Game Nintendo Switch vs Switch Lite

Nintendo Switch bisa memainkan semua judul game yang dirancang untuk Nintendo Switch. Sedangkan untuk varian Lite, hanya bisa memainkan game Nintendo Switch yang mendukung mode handheld saja.

Switch Lite tidak bisa memainkan game yang mengharuskan dimainkan dalam mode tabletop dan TV mode. Untuk memudahkan kamu mencari game yang kompatibel dengan Switch Lite, cari saja game dengan ikon mode Handheld. Selain itu, karena tidak punya Joy Con, kamu tidak bisa main berdua di satu perangkat jika beli Nintendo Switch versi yang lebih ringkas ini.